Wednesday, January 27

MANFAAT SHALAT UNTUK KESEHATAN TUBUH

Pengantar

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis dalam penanganan pasien yang sering terjadi dan didukung dengan penelitian yg pernah dilakukan. Sehingga ilmu ini akan terus berkembang , yang mungkin tulisan ini akan menjadi sebuah buku sebelum dicetak maka sudah ada tambahan ilmu lagi sesuai dengan perkembangan penyakit yang ada.

Untuk mendapatkan hikmah, kita harus yakin pada Allah. Betapa sesungguhnya Allah sangat sayang, cinta pada hambanya. Mulai bangun tidur saja, Allah sudah menunggu untuk disebut namaNYA. Begitu pula disetiap gerak, setiap aktifitas kita diminta untuk minta kekuatanNYA. Sampai mau tidur lagi Allah berharap hambanya mau menyebutNYA.

Betapa besar kasih sayang Allah pada hambanya. Namun manusia banyak yang sombong sehingga sangat sulit untuk bisa merasakan kasih sayang Allah. Tapi Allah tetap sayang bahkan dengan cinta Allah katakan dalam QS 16:127 Bersabarlah, dan kamu tidak akan bisa sabar melainkan dengan pertolongan Allah.

BERDIRI

Pada saat berdiri didalam shalat, imam selalu mengingatkan untuk meluruskan shaf [lurus dan rapatkan], apa sesungguhnya makna gerakan tersebut. Ternyata kasih sayang Allah sungguh luar biasa, biasanya seseorang pada waktu shalat kaki selalu agak serong keluar, coba kita rasakan kaki diputar secara perlahan masuk kedalam sehingga telapak kaki betul betul lurus kedepan sehingga ada rasa sakit dipangkal atau lipatan paha dan rasa ini karena belum biasa saja.

Penelitian yang dilakukan oleh Waluyo, 2003;Universitas Indonusa Esa Unggul,Jakarta; mengukur kepadatan atau densitas tulang yang dilakukan dengan mengambil sampel penjual jamu gendong yang sehari-hari menggendong jamu dibandingkan dengan wanita bukan penjual jamu gendong, Ternyata kepadatan tulang lebih baik pada penggendong jamu, artinya tulang akan lebih padat apabila ada tumpuan beban. Analog dengan tersebut, seorang yang berdiri sempurna maka tubuh akan tersangga dengan sempurna sehingga tulang tulangnya tidak mudah keropos. Pada berdiri yang sempurna lipatan paha akan terasa sakit karena tidak biasa dan ini pula yang menyebabkan tulang pada paha atas atau colum femuris sering terjadi patah tulang karena keropos. Inilah kasih sayang Allah supaya tulang tidak keropos, supaya tulang lebih kuat, supaya sehat maka lurus dan rapatkan.

TAKBIRATUL IHROM

adalah gerakan mengangkat tangan keatas. Dan sekarang banyak yang menderita nyeri bahu atau Frozen shoulder karena bahu tidak dapat digerakkan terutama gerakan keatas. Dan penanganan kasus ini dengan cara menggerak gerakkan sendi bahu.pada saat mengangkat tangan maka posisi dada akan terbuka, ini memberikan dampak pada jantung dan paru-paru akan mengembang dengan optimal sehingga akan berpengaruh pada kedua organ ini akan lebih sehat, serta bisa bekerja dengan optimal.

RUKUK

adalah membungkukkan badan dengan posisi kaki tetap tegak lurus seraya meratakan punggung dengan leher, memegang kedua lutut dengan dua belah tangan. Pada gerakan ini ada penguluran otot otot betis [streching], Sehingga ada rilaxasi pada kedua kaki. posisi ini bila dipertahankan dalam waktu yang lama akan terasa adanya kontraksi otot otot dasar panggul, kontraksi yang static bila dilakukan berulang ulang maka akan menimbulkan penguatan otot otot dasar pangggul itu sendiri .yang dalam kasus klinis sehari hari sering dijumpai pada wanita bila batuk atau tertawa akan disertai dengan keluarnya air kencing karena kelemahan otot otot dasar panggul itu sendiri. Begitu pula untuk laki laki dengan adanya kontraksi yang berulang ulang akan mengakibatkan penguatan otot otot dasar panggul itu sendiri. inilah kenikmatan dunia yang diberikan Allah dengan Rahman Rahim NYA seakan akan Allah ingin mengatakan dengan penuh cinta; hambaku jangan cepat cepat engkau angkat rukukmu. inilah cintanya Allah pada kita semua.

Bukankah dalam Hadis Shahih Muslim no 328 dan Al Bukhari no 792 Nabi Muhammad Saw ketika salat berdirinya, rukuknya,i’tidalnya,sujudnya,duduk diantara dua sujud,sujudnya yang kedua,duduk antara salam,semua itu lamanya hampir sama. Subhanallah. Sedang pada saat membungkukkan badan akan terjadi traksi atau tarikan antara sakrum atau tulang ekor dengan lumbal.

Dimana sering terjadi nyeri atau sakit pada pingggang biasanya kebanyakan karena sakrum itu sendiri tidak bergerak karena kaku atau spasme otot. Dengan adanya traktion atau tarikan antara sakrum yang difiksasi oleh pelvis dengan lumbal maka akan menyebabkan rilaxsasi daerah pinggang sehingga pinggang akan terus merasakan enak. Dan efek ini pula yang dapat mengobati sakit pada pinggang.

SUJUD

adalah meletakkan dahi,dua telapak tangan, kedua lutut dan ujung ujung jari kaki kebumi, dengan posisi jantung ada diatas kepala. Pada posisi ini usahakan bahu terasa rilax demikian juga dengan panggul.

Akan terasa benar aliran darah dari jantung menuju kekepala sehingga wajah akan kelihatan memerah. Didalam kepala banyak organ penting yang perlu suply darah diantaranya adalah otak. Karena otak memiliki pembuluh darah yang kecil kecil serta rumit maka perlu waktu cukup lama untuk mendapatkan suply darah. Demikian pula dengan wajah serta selaput mata pembuluh darahnya sangat kecil sekali, sehingga butuh waktu agar suply darah sampai ketempat tersebut. Itulah sebabnya Rosulullah Saw melarang umatnya untuk sujud seperti burung yang mematuk, jangan cepat cepat supaya suply darah benar benar tercukupi. Untuk beberapa kasus merilekkan panggul sangat sulit, maka pada waktu sujud usahakan tarik otot otot dubur dan kemaluan kedalam,sehingga secara tidak langsung juga akan memberikan efek penguatan otot dasar panggul. demikian pula dengan otot otot dada serta bahu akan terasa efek dari strechingnya maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

SALAM

adalah gerakan penutup dari rangkaian gerakan shalat dimana gerakannya adalah menengok kekanan dan kekiri. Dalam gerakan tersebut bahu tidak boleh bergerak, sedang leher menengok sampai ke bahu. Sehingga dalam hadisnya Rosulullah Saw dalam salam kelihatan pipi putihnya. Dalam praktek klinis didunia medis mengenai neuromuskuler, penyakit terbanyak setelah LBP atau nyeri pinggang bawah adalah cervikal syndrom yaitu kumpulan sakit daerah bahu serta leher yang kebanyakan dikarenakan spasme atau ketegangan otot, Sedang penanganan kasus ini adalah dengan menggerakan leher [streching] menengok kekanan dan kekiri secara perlahan sampai ke bahu maka ada penguluran otot otot daerah bahu dan leher hingga terjadi rilaksasi daerah tersebut. bukankah ini adalah gerakan salam .Subhanallah tidaklah sia sia Engkau ciptakan semua ini [QS 3 :190-191]


No comments:

Post a Comment